Proses Pembuatan Beton Ready Mix

Beton adalah salah satu bahan yang dibutuhkan proses pembangunan pada proyek konstruksi. Jenis beton yang lebih modern sendiri terbuat dari proses ready mix dan biasa disebut dengan beton ready mix. Proses pembuatan beton ready mix adalah dengan mencampurkan semen, air, pasir agregate, aditive dan semen sebagai bahan pengikat yang nantinya akan menjadi beton berkualitas yang siap pakai.

Artikel Terkait: Beton Ready Mix Adalah

Apa Itu Beton Ready Mix?

Tentunya agak sedikit berbeda ketika membuat beton dengan site mix, secara singkat site mix merupakan jenis beton yang dilakukan pengecoran di lokasi konstruksi. Dengan menggunakan beton ready mix, prosesnya tidak jauh berbeda dengan site mix namun diakui cukup efisien dan menghasikan beton yang jauh berkualitas karena proses pengadukan yang lebih konsisten.

Cara pembuatan beton ready mix diproduksi pada batching plant dan berada di lokasi tersendiri untuk pembuatan beton. Selain itu proses pembuatan beton ready mix bisa dilakukan dengan pengawasan modern dengan komputer dan bisa menerima pembuatan jenis beton custom yang dapat dibuat sesuai pesanan pelanggan.

Cara Pembuatan Beton Ready Mix

Proses produksi beton ready mix berlangsung di batching plant, kemudian dipindahkan dalam mobil molen dan waktu pengiriman sudah terjadwalkan. Adapun proses awal cara pembuatan beton ready mix sebagai berikut:

  • Masukkan air.
  • Lalu tambahkan material lain seperti agregate yang merupakan pasir dengan kualitas tertentu, atau penambangan batu dengan volume yang diperkirakan mencapai 75% dari berat keseluruhan ready mix.
  • Penambahan aditive dilakukan pada saat proses pencampuran dan memiliki fungsi untuk menambahkan keunggulan dari beton
  • Semen menjadi bahan terakhir yang dimasukkan sebagai material pengikat. Adapun air yang dimasukkan akan membantu menimbulkan reaksi kimia tertentu pada campuran semen.

Atribut dalam Mengaplikasikan Beton Ready Mix

Setelah melewati cara pembuatan beton ready mix di batching plant, dibutuhkan transportasi atau alat laninnya dalam mendukung pengaplikasian beton ready mix ini.

1. Truk Molen

Truk molen berfungsi untuk menampung beton ready mix yang sudah di produksi di batching plant kemudian dilakukan pengiriman ke wilayah konstruksi.

2. Truk Pompa Beton

Ketika truk molen telah sampai di wilayah konstruksi, truk pompa beton berfungsi untuk memindahkan beton ready mix di dalam truk molen menuju titik spesifik dimana beton tersebut akan digunakan pada proyek konstruksi. Maka dari itu truk pompa harus siap di lapangan sebelum truk molen tiba. Truk pompa ini diklaim dapat menghemat waktu pengecoran di lapangan.

Keuntungan Menggunakan Beton Ready Mix

Setelah dijabarkan tentang cara pembuatan beton ready mix, dapat dikatakan bahwa cara tersebut terbilang lebih efisien dan menghasilkan beton moden yang lebih berkualitas. Tidak sampai disitu saja, keuntungan yang bisa lebih banyak di dapatkan antara lain:

  • Menghemat waktu pengerjaan proyek konstruksi
  • Menghemat tempat pengecoran, terutama jika proyek pembangunan atau konstruksi diadakan di wilayah dengan akses yang sulit atau terbatas
  • Daya tahan beton semakin baik karena bantuan tambahan zat additive beton
  • Dapat mengurangi kebisingan dari suara mesin pengecoran dilapangan sekaligus mengurangi polusi akibat dari mesin tersebut
  • Meminimalisir kerugian dan potensi bencana kecelakaan kerja akibat dari pengecoran konvensional
  • Industri ready mix siap membuat pesanan dalam partai besar
  • Harga terjangkau bisa tercapai terutama jika pemesanan dilakukan dalam skala besar

Cek Halaman: Harga Pagar Beton

Dengan berbagai keuntungan yang diberikan serta proses pembuatan beton ready mix yang lebih profesional, menjadi alasan tepat untuk membantu kelancaran proses proyek konstruksi. Sekian tulisan ini semoga bermanfaat.